Saturday 22 August 2015

Penulis Tamu - Moddie Alvianto "19 'Dan' 507"

Dengan bangga kami mempersembahkan tulisan dari seseorang yang sudah berbaik hati mau menjadi penulis tamu di Bulan Blogging KBM UGM, yaitu Moddie Alvianto atau biasa dipanggil dengan Moddie, namun lebih akrab disapa khamowdie. Berikut ini adalah tulisan mahasiswa Kajian Timur Tengah yang lebih sering hangout dengan mahasiswa KBM ini:

_________________________________________________________________________________

19 ‘Dan’ 507

Menjadi mahasiswa Kajian Budaya Media (KBM) UGM tidak sesulit dibayangkan di benak masyarakat Indonesia. Kamu cukup sering ngopi di Raja Sabi Aceh a.k.a Gazpol, berkunjung ke kediaman mbak Sisca dan fasih menirukan suara Jenaaaang Jenaaaang. Satu tahun lamanya bagi saya untuk menjalani proses menjadi anak KBM seutuhnya. Sedikit boleh saya ceritakan bagaimana proses saya mengenal dan melebur bersama cah – cah KBM.

Abdul Hair a.k.a Hari adalah ‘Sahabat Sejati’ saya mulai dari kuliah S1 hingga kini. Dialah orang yang mencerahkan dan membelalakkan mata hati saya bahwa KBM adalah jurusan yang keliru bagi khalayak muda. Dia juga yang menjerumuskan saya ke jalan yang benar sehingga sampai saat ini saya jarang absen ngopi di tempat tersebut. Dimas PP a.k.a Dimmy adalah sesosok alien (perhatikan kepalanya!!!) yang dikenalkan Hari pada saya. Awalnya saya kikuk mengobrol dengan dia. Namun ketika dia berkata bahasa malangan ‘Mudah Saja’ bagi saya untuk langsung bercakap – cakap dengan si alien ini. Fajar Prasetyo a.k.a. Jarwo adalah Frankenstein di masa modern yang bertempat tinggal di Bonbin. Dia adalah sesosok yang tidak pernah lelah berkata ‘Itu Aku’ supaya teman – teman disekelilingnya mampu memahami dia. Kata-kata “Jangan Diulangi lagi ya vre” sekarang menjadi slogan khusus bagi KBM. Reza Pahlevi a.k.a Levi namun dirinya lebih suka dipanggil Sunarko mungkin karena dia Suka Makan Remahan Batako. Dia jelmaan Harry Potter di jurusannya. Banyak wanita KBM jatuh hati padanya namun dia seolah ‘Ta’kan Pernah Menyesal’ untuk menolaknya. Asal kamu tahu bahwa dia satu-satunya mahasiswa KBM yang dipanggil mboss. Neli F. a.k.a Bulek Fafa adalah wanita misterius dari sorotan matanya. Mengingatkan saya pada legenda alm. Suzanna. ‘Kita’ adalah teman satu SD dan satu angkot. Sungguh kebetulan yang disengajakan. Aulia T. a.k.a Uli adalah sesosok yang selalu membawa mikrofon kemanapun dia pergi. Pecinta alam dan penggemar berat buku dengan judul Sejarah Postmodernisme adalah deskripsi yang tepat bagi Uli. ‘Jalan Terus’ adalah motto hidupnya sampai – sampai tak tahu harus berlabuh kemana lagi dirinya. Dhini a.k.a Mak Dhini adalah pelukis yang tekenal di masanya. Selalu menampakkan tingkah laku anak-anak walaupun kelakuan seperti lanjut usia. Lagu ciptaannya adalah ‘Ketidakwarasan Padaku’. Lagu ini diciptakan karena teman – teman di KBM tidak pernah mengerti maksud dan tujuan arah pembicaraannya. Awesome. Defiana D. a.k.a Dede’ adalah salah satu penari terbaik yang pernah dimiliki KBM. KBM akan runtuh jika dia menari. Dede’ paling semangat jika diajak karaoke apalagi ketika disuruh menyanyikan lagu andalannya ‘Berhenti Berharap’.

Makhluk Hidup diatas adalah aktor-aktor utama didalam dunia KBM. Aktor- Aktor figuran ini jarang saya temui namun cukup memberi inspirasi saya jika sedang berkumpul dengan mereka. Rhea a.k.a Nyonyo adalah penari balet di era kini. Gerakannya sungguh luwes sehingga bisa menghasilkan berbagai gaya. Gaya ‘Melompat Lebih Tinggi’ adalah gaya favoritnya yang membuat takjub teman-teman KBM. Dita a.k.a Sesepuh. Usianya yang lebih tua dari Arema membuat kita segan jika berdebat dengan dia. Bicaranya lugas sampai ga ada lampu merahnya. Semoga kita masih bisa bertemu pada ‘Saat Aku Lanjut Usia’. Vina a.k.a. Shrimp karena dia berasal dari SIdoarjo. Pecinta Korea dan calon kuat pengganti Mamah Dedeh. Dia selalu mengajarkan ‘Tentang Hidup’ karena tausiyahnya yang selalu didengarkan oleh teman-temannya. Hesti a.k.a Hamo adalah pecinta anjing terutama anjing jalanan. Jika ngomong seperti penyanyi cilik Romaria sehingga selalu mem’Buat Aku Tersenyum’. Sayangnya semester ini aku belum bisa berjumpa lagi dengan dia. Bang Ade a.k.a antirender adalah salah satu seniman yang cukup beken di Jogjakarta. Kembaran dari Sidharta Gautama ini selalu menggunakan sepatu Supra supaya selalu terdepan di karirnya. Seolah ingin men’Tunjukkan Padaku’ bahwa dia adalah seniman yang agamis sekaligus fashionable. Yenny a.k.a Mache adalah perempuan yang berasal dari pulau yang jauh. Hanya Google yang tahu darimana dia berasal. Pengalaman sebagai figuran ‘Yang Terlewatkan’ dalam sinema Si Manis Jembatan Ancol membuat dia mudah dikenal oleh banyak pihak termasuk penjaga Cinema XXI (baca: kali kali satu). Yul a.k.a Dewi Yull adalah muslimah pertama sepanjang KBM telah berdiri. Mungkin dia layak disematkan sebagai penjaga pintu surga sampai ‘Hingga Ujung Waktu’. Wajahnya yang teduh dan gaya bicaranya yang ramah membuat banyak lelaki terpesona olehnya termasuk Mas Faruk. Ilmi BI a.k.a Tapir adalah wanita tereksotis yang pernah saya kenal. Bicaranya keras terutama kalo mendalilkan kata CUK. Dia adalah ‘adek’ dari Remy, mahasiswa angkatan 2013. Bukan karena mirip tapi memang sama tekstur wajahnya. Namun semester ini adalah ‘Waktu Yang Tepat Untuk Berpisah’ dengan teman-temannya terutama Kak Remy karena harus melanjutkan studi di negeri Kangguru. Aji a.k.a. HP adalah sesosok makhluk dari planet Krypton. Gaya bicaranya menandakan hanya ‘Radio’ yang mampu menangkap gelombang longitudinal dari pita suaranya. Mungkin juga hanya Mas Hafidz yang mampu berbicara dengan dia. Terakhir adalah Moh.Yasin a.k.a Castro. Dia adalah legenda sekaligus mitos yang pernah ada di KBM. Profesinya sebagai wartawan di stasiun televisi dunia lain membuat mudah dikenal oleh Rektor UGM. Dia adalah mahasiswa paling ‘Brilliant Brilliant Brilliant’ sepanjang sejarah KBM berdiri. Tak heran dia mudah mendapatkan gelar Filsuf dari Planet Remaja.

Itulah ‘Sebuah Kisah Klasik’ dari perjalanan saya untuk mengenal teman – teman baru saya. Lalu apa yang bisa saya deskripsikan dari seorang Moddie Alvianto Wicaksono a.k.a Kamowdie ?
Kamowdie adalah mahasiswa KBM ke 19 dan penggemar berat Sheila On 7 (507).

2 comments: